Blog artikel kesehatan, penyebab kanker dan khasiat herbal alami serta artikel kesehatan terbaru

Monday 2 February 2015

Mengenal Gusi Manusia

Mengenal Gusi Manusia  - Gusi adalah bagian dari kesehatan gigi dan mulut yang sering terabaikan, atau sering kali tidak dijaga ketika sehat, dan tidak diperdulikan ketika sakit. Gusi atau dalam bahasa ilmiahnya gingiva (dibaca ginggiva, dengan 3 g, walaupun tulisannya hanya memakai 2 g) adalah penutup tulang rahang. Gingiva merupakan salah satu jaringan lunak atau mukosa di rongga mulut selain pipi, bibir, lidah, dan langit-langit. Jika ada yang bertanya “apa warna gusi?”, kebanyakan pasti akan menjawab merah, atau merah muda. Sebenarnya jawaban tersebut kurang tepat, sebab warna asli gingiva atau gusi adalah transparan.

Mengenal Gusi Manusia
Gingiva ini menutupi dan terlekat ke tulang rahang melalui bantuan serat halus yang bernama serat periodontal. Gusi dan serat periodontal adalah salah satu bagian dari jaringan penyangga gigi. Bagian-bagian lainnya adalah tulang rahang dan sementum. Gusi terbagi menjadi tiga, apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

1.  Gusi tepi
Gusi tepi adalah gusi yang menyelimuti gigi. Tidak menempel ke gigi, tapi terhubung ke gusi cekat di bawahnya. Bingung? Tidak usah bingung. Kita buat saja sebuah perumpamaan. Jika diumpamakan, gusi tepi ini seperti kerah baju. Kerah baju tidak menempel ke tubuh kan? Nah, seperti itulah gusi tepi. Gusi tepi dijadikan sebagai tolak ukur kesehatan gusi dan jaringan pendukung.

2.  Gusi cekat
Masih menggunakan perumpamaan “baju”. Gusi cekat adalah baju yang menempel ke tubuh kita. Fungsinya untuk melapisi tubuh dari serangan dingin dan panas. Kenapa gusi ini disebut gusi cekat? Sebab gusi ini tidak bisa digerakkan seperti halnya gusi tepi. Batas akhir gingiva adalah pipi.

3.   Gusi interdental
Biasanya lebih umum digunakan dengan istilah papila interdental, berbentuk seperti lembah di daerah perbatasan antara dua gigi dan berbentuk seperti piramida di bagian depan dan belakang gigi.

Ciri-ciri gusi sehat adalah :

  • Gusi sehat terlihat berwarna merah muda, meskipun ini bukan hal mutlak. Pada beberapa kasus, warnanya bisa menjadi lebih gelap karena pengaruh warna kulit ras tertentu
  • Gusi sehat tidak mengkilap dengan konsistensi dan tekstur seperti kulit jeruk. Gusi sehat berbentuk kenyal-kenyal padat. Tetapi ada yang perlu diperhatikan, gusi yang mengkilap di sini bisa jadi karena efek saliva (air liur) yang membasahinya. Untuk memastikan apakah gusi mengkilap karena peradangan atau bukan, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter gigi terdekat.
  • Gusi sehat tidak mengalami pendarahan. Pendarahan ini dibagi menjadi dua, yakni pendarahan spontan dan tidak spontan. Maksudnya gusi mengeluarkan darah, baik ketika terkena sesuatu (misalnya sikat gigi, tusuk gigi, atau benang gigi), maupun ketika tidak terkena sesuatu.
Pastikan gigi kita sehat. Kunjungi dokter gigi secara rutin, sekaligus untuk memeriksakan kondisi gigi Anda.

Mengenal Gusi Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aSDAA

0 comments:

Post a Comment