Blog artikel kesehatan, penyebab kanker dan khasiat herbal alami serta artikel kesehatan terbaru

Wednesday 28 January 2015

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut  - Pada intinya, tujuan menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah untuk menghindari lubang pada gigi, karena lubang gigi adalah permasalahan utama yang bisa menjadi pusat infeksi bagi organ lain di dalam rongga mulut.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut
 
Bagaimana cara terbaik mencegah lubang gigi? Pertama, kita harus tahu dulu apa saja faktor penyebab lubang gigi. Yang harus kita upayakan selanjutnya adalah agar faktor pembentuk lubang gigi bisa diminimalkan. Faktor penyebab lubang gigi meliputi bakteri, gula, gigi, dan waktu.
Berikut ini tips sederhana yang bisa dipraktikkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut :

1.  Bersihkan gigi secara teratur
Ini sehubungan dengan faktor gigi dalam resiko terbentuknya lubang gigi. Gigi harus dibersihkan agar tidak ada plak yang terbentuk dan menjadi tempat tinggal bakteri pembentuk lubang gigi. Tidak hanya harus teratur, tapi juga harus tepat guna. Jika hanya teratur tetapi cara menggosok giginya tidak tepat, maka bisa timbul masalah kesehatan di gigi dan mulut.

2.  Bersihkan mulut secara menyeluruh
Untuk yang satu ini, erat kaitannya dengan faktor bakteri dalam terbentuknya lubang gigi. Sebenarnya, menggosok gigi cuma membersihkan ¼ atau 25% dari keseluruhan bagian mulut dan gigi. Sebab, masih ada lidah, pipi, maupun jaringan lunak lainnya yang bisa berpotensi sebagai tempat tinggal bakteri jahat dalam rongga mulut jika tidak dibersihkan secara teratur. Gunakan bantuan obat kumur, pembersih lidah, dan benang gigi (dental floss), sebagai alat bantu pembersihan gigi dan mulut Anda selain dengan menyikat gigi.

3.  Kurangi makanan manis
Ini berhubungan dengan faktor gula dalam terbentuknya lubang gigi. Makanan yang manis, bisa menjadi sumber energi bagi bakteri untuk membuat lubang pada gigi. Oleh sebab itu, dengan mengurangi sumber energi tersebut, itu artinya kita dapat mengurangi aktivitas bakteri dalam proses perlubangan. Minimal berkumur dengan air putih setelah mengonsumsi makanan manis.

4.  Rajin kontrol ke dokter gigi
Ini berhubungan dengan faktor waktu. Dengan memeriksakan kesehatan gigi dan mulut secara teratur ke dokter gigi, maka waktu yang diperlukan untuk bakteri melakukan aksinya bisa dihentikan. Misalnya butuh sekitar tujuh bulan bagi bakteri untuk membentuk karang gigi, namun dengan rajin mengontrol kesehatan gigi per enam bulan, kita mendahului satu bulan lebih cepat dan memaksa bakteri untuk mengulang prosesnya dari awal lagi. Begitu seterusnya. Waktu juga bisa sebagai hasil kolaborasi bakteri dan gula dalam proses perlubangan seiring waktu.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aSDAA

0 comments:

Post a Comment