Blog artikel kesehatan, penyebab kanker dan khasiat herbal alami serta artikel kesehatan terbaru

Tuesday 6 January 2015

4 Buah untuk penderita maag

4 Buah untuk penderita maag - Penderita sakit maag sangat memerlukan pengobatan yang efektif dan juga tepat. Selain itu, penderita juga harus menghindari beberapa faktor yang dapat memicu penyakit ini kambuh kembali. Faktor yang menjadi perhatian utama ialah menghindari stres, hindari merokok, istirahat cukup, dan menghindari makanan atau minuman yang mengakibatkan sakit maag tersebut terasa kembali.

4 Buah untuk penderita maag

Apabila sudah mengidap sakit maag, makanan serta minuman harus benar-benar diperhatikan karena tidak sembarangan atau asal makan saja. Seperti diketahui bahwa maag merupakan suatu penyakit yang menyerang pada organ lambung karena telah terjadi peradangan atau luka sehingga akan terasa sakit, perih, dan mulas di perut. Makan tidak teratur juga menyebabkan maag ini kambuh. Selain tidak teratur, kebiasaan menunda makan akan sangat membahayakan bagi orang yang menderita sakit maag. Bahkan dapat menyebabkan kematian.

Agar penderita maag tidak merasakan kambuh yang dapat menyebabkan sakit yang luar biasa, dibawah ini ada beberapa jenis buah yang aman untuk dikonsumsi. Silahkan untuk membacanya dengan seksama.

1. Buah alpukat
Buah alpukat dapat dikonsumsi oleh siapa saja. Karena buah alpukat mengandung kadar asam lemak jenuh yang sangat rendah. Buah yang satu ini juga populer akibat kandungan kalori serta lemak yang tinggi. Masih ada nutrisi lainnya seperti vitamin A, B, C, D, dan vitamin E yang ada di dalam buah alpukat. Menurut penelitian di Jepang, buah alpukat berpotensi mencegah kerusakan hati yang juga disebabkan oleh virus hepatitis.

2. Buah jeruk
Rasanya yang asam sering menjadi alasan bagi penderita maag untuk menghindari untuk tidak mengkonsumsinya. Padahal hal ini tentu salah kaprah dan tidak benar adanya. Kandungan di dalam buah jeruk seperti asam askorbat dan asam asetat adalah obat alami yang sangat baik untuk lambung.

3. Buah pepaya
Buah pepaya menghasilkan kandungan zat papain. Zat inilah yang akan meningkatkan kinaerja pada sistem pencernaan. Makanlah buah pepaya sekitar 1 jam setelah makan, maka protein yang berada di dalam makanan bisa cepat dicerna.

4. Buah pisang
Buah ini pasti sudah lazim bagi telinga anda bukan ? Tekstur dan rasanya yang manis menjadi daya tarik agar banyak yang menyuakinya, dan ternyata memang banyak gemar mengkonsumsi buah pisang. Warna kuning di  bagian kulitnya kaya akan kandungan kalium. Kalium jenis ini juga dimiliki pada buah melon dan pepaya. Fungsi kalium ialah untuk mengontrol lambung agar stabil serta menghentikan gangguan pada lambung.


Setelah mengetahui apa saja buah yang bermanfaat untuk penderita sakit maag, alangkah baiknya saya juga akan menyertakan beberapa larangan makanan atau juga minuman untuk dikonsumsi oleh pasien pengidap maag. Dibawah ini adalah asupan yang harus dihindari jika maag tidak ingin kambuh lagi menyerang anda.

*Makanan yang mengandung karbohidrat : mie, talas, beras ketan, ubi singkong, jagung, dan bihun.

*Hindari mengkonsumsi alkohol, makanan tinggi lemak, cokelat, serta aneka gorengan. Makanan jenis inilah yang mengakibatkan melemahnya klep pada kerongkongan bagian bawah, sehingga cairan lambung beresiko naik ke kerongkongan.

*Buah kedondong atau buah yang diolah secara dikeringkan.

*Jangan makan kol, sawi, pisang ambon, nagka, dan juga minuman mengandung soda. Karena semua makanan ini mengandung gas yang sangat merugikan bagi lambung.

*Kurangi makanan yang pedas, karena akan merusak dinding lambung.

*Makanan yang memperlambat kinerja lambung dan sulit untuk dicerna : keju, coklat, dan kue tar.

*Hentikan kebiasaan minum kopi, sari buah citrus, susu full cream, dan anggur putih. Minuman tersebut bisa merangsang lambung untuk lebih aktif mengeluarkan cairan asam.


Bagiamana ? Sudah mengertikah apa saja yang harus dihindari makanan dan minuman di sekitar kita ? Itulah 4 buah untuk penderita maag. Bagi anda atau sanak saudara anda yang menderita sakit maag, tidak salahnya untuk memberikan informasi berharga ini agar lebih waspada terhadap konsumsi makanan sehari-hari. Dengan cara alami dan tidak menimbulkan efek samping yang berarti, jika anda disiplin dijamin kondisi kesehatan anda akan semakin membaik.

Demikianlah pembahasan saya untuk kali ini, semoga apa yang telah dimuat di atas dapat dengan mudah dipahami serta dipraktekan untuk mempercepat penyembuhan sakit maag. Salam sehat dan semoga bemanfaat.

4 Buah untuk penderita maag Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aSDAA

0 comments:

Post a Comment