Blog artikel kesehatan, penyebab kanker dan khasiat herbal alami serta artikel kesehatan terbaru

Thursday 8 January 2015

Penyakit Hernia

Penyakit Hernia - Sebenarnya apa sih penyakit hernia itu ? Penyakit hernia ialah penyakit yang ditandai oleh penurunan usus ke bawah selaput perut bahkan sampai pada kantung buah zakar. Penyakit yang disebabkan karena adanya aktifitas berat seperti seringnya mengangkat beban berat dalam jumlah besar yang biasanya dilakukan oleh para pekerja bangunan atau buruh pabrik. Namun penyakit ini juga kerap muncul bagi peniup balon udara dan saxophone karena mengejan terlalu kuat.

Penyakit Hernia

Hernia (herniae) juga disebut sebagai menonjolnya organ di dalam tubuh sehingga keluar dari posisi semula dan masuk ke posisi yang tidak wajar melewati rongga lemah pada rongga dinding bagian tertentu. Kasus penonjolan organ di dalam perut adalah yang sering dialami oleh seseorang, atau lebih dikenal dengan hernia inguinalis. Hal tersebut terjadi karena pada sebagian usus masuk ke arah selangkangan yang melewati titik paling rentan pada dinding perut sehingga dengan sangat mudah untuk ditembus.

Seperti di masyarakat kota besar yang memiliki tingkat aktifitas lebih sibuk dibandingkan dengan masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan. Sehingga hal ini menjadi resiko mengapa banyak masyarakat perkotaan yang rentan terkena penyakit hernia. Diperparah dengan kurangnya tingkat stamina seseorang juga akan menambah dampak besar bagi kesehatan, ini menyebabkan bukan hanya menderita hernia saja melainkan penyakit yang lain juga akan mudah datang.
 
Faktor Penyebab Penyakit Hernia
Diakibatkan oleh kurang sempurnanya penutupan kanal perpindahan suatu organ pada saat bayi masih di dalam kandungan. Alhasil, saluran yang seharusnya berfungsi menutup secara kuat tetap terbuka dan akhirnya menjadi titik lemah contohnya pada dinding perut. Jika dilihat pada bayi laki-laki, organ testis yang pada awalnya berada di dalam perut akan berpindah ke posisi normal sebelum dilahirkan. Perpindahan inilah yang memerlukan saluran khusus sebagai jalur untuk melewatinya. Nah, jika saluran tersebut tidak tertutup sempurna pada saat lahir maka rentan bayi tersebut akan terkena penyakit hernia.

Selain itu, adanya penggumpalan seperti cairan pada bagian rongga perut, adanya batuk terus-menerus, penyakit pada paru-paru, obesitas, serta mengedan secara terus-menerus juga menjadi faktor penyebab terjadinya peyakit hernia. Faktor tersebut dinamakan dengan tekanan dalam rongga tubuh dalam jumlah besar.
 
Gejala Penyakit Hernia
Rasa nyeri, tidak nyaman dalam beraktifitas, dan pembekakan di bawah perut menandai gejala penyakit ini dialami oleh seseorang. Tempat yang terdapat penyakit hernia mulai merasakan sakit, adanya benjolan keras. Namun pada saat berbaring, otot yang mengeras tersebut perlahan mengendur disertai bejolan yang perlahan menghilang.

Sebagai dasar untuk anda, di bawah ini adalah gejala hernia. Diantaranya adalah :
  • Rasa nyeri akan semakin sangat terasa ketika batuk terus-menerus, bekerja berat seperi mengangkat beban.
  • Benjolan usus pada perut bagian bawah.
  • Kemudian diikuti dengan rasa sakit di bagian perut bawah.
Jenis-jenis Penyakit Hernia
 -Dilihat dari terjadinya hernia :
Hernia akuisita (bukan bawaan saat lahir)
Hernia kongenital (bawaan saat lahir)

-Dilihat dari letak hernia :
Inguinal
Hernia umbilical (sebuah benjolan yang masuk melewati saluran pusar atau umbilikus)
Hernia diafragma (Adanya tonjolan pada organ perut ke dalam rongga dada melewati sebuah lubang diafragma)
Hernia femoral (Benjolan yang terjadi pada lipatan sekitar paha melalui bagian anulus femoralis)

-Dilihat dari sifat hernia :
Hernia akreta yaitu tidak adanya keluhan rasa sakit atau penyumbatan usus
Hernia reponibel yaitu isi hernia yang dapat keluar masuk
Hernia irreponibel yaitu isi dari kantung hernia tidak dapat kembalikan ke dalam rongga
Hernia strangulata yaitu adanya keluhan rasa nyeri yang disebabkan oleh penghimpitan pembuluh darah
Hernia incarserata yaitu adanya rasanya nyeri, tidak bisa buang air besar dan buang angin


Mencegah Penyakit Hernia
Pencegahan dari penyakit hernia adalah dengan cara menghindari mengejan terus-menerus, kurangi mengangkat beban berat pada saat bekerja. Bukan hanya itu saja, tetap menjaga agar tubuh selalu sehat serta stamina prima menjadi hal wajib yang harus dilakukan selain mengkonsumsi banyak serat yang terkandung di dalam buah dan sayuran.

Penyakit hernia apabila sudah terlampau parah, jalan satu-satunya ialah dengan cara operasi. Hal ini ditandai dengan hernia yang tidak dapt direduksi, pembengkakan hernia yang sering terjadi, rasa sakit yang hebat, hernia sudah tidak mampu lagi dimasukkan ke dalam rongga perut, meskipun dilakuan dengan didorong. Kondisi demikian akan mengakibatkan penyumbatan usus sehingga penderita merasakan mual dan muntah.

Itulah informasi mengenai penyakit hernia, semoga menjadi bahan acuan agar kita tetap menjaga kesehatan karena pasti anda juga setuju dengan slogan jika sehat itu mahal. Semoga bermanfaat.

Penyakit Hernia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aSDAA

0 comments:

Post a Comment