Blog artikel kesehatan, penyebab kanker dan khasiat herbal alami serta artikel kesehatan terbaru

Wednesday 31 December 2014

Apa Itu Pit Fissure Sealants

Pit fissure sealants - sering kali disebut 3 in 1-nya kedokteran gigi. Terjemahan sealant secara garis besar adalah penutupan atau pelapisan. Jadi yang dimaksud pit dan fissure sealant adalah penutupan pada pit dan fissure gigi. Sekarang yang jadi pertanyaannya, apa itu pit dan fissure gigi? Pit dan fissure adalah bagian gigi yang terletak pada gigi yang memiliki permukaan kunyah. Permukaan kunyah adalah permukaan gigi yang berada di atas dan berbentuk landasan. Dalam padanan bahasa Indonesia, pit dan fissure diistilahkan sebagai ceruk dan parit.

Apa Itu Pit Fissure Sealants

Tiap individu memiliki derajat kedalaman pit dan fissure yang bervariasi. Normalnya, pit dan fissure (parit dan ceruk) gigi ini tidak terlalu dalam. Tetapi pada kasus tertentu, beberapa individu memiliki ceruk dan fissure yang dalam. Ceruk dan parit yang dalam ini sulit untuk dibersihkan, bahkan oleh bulu sikat terhalus sekalipun, atau oleh satu bulu sikat. Oleh sebab itu, banyak hal yang terjebak di dalamnya, seperti sisa makanan. Jika hal itu dibiarkan, maka bisa berpotensi terkena penyakit karies dan pada akhirnya akan terbentuk lubang pada gigi.

Kejadian lubang gigi, paling banyak mengenai daerah pit dan fissure, utamanya disebabkan bentuknya yang terlalu dalam. Meskipun beberapa tidak menimbulkan keluhan apapun, tetap penting untuk menutup pit dan fissure ini. Selain untuk mencegah karies, juga dapat membantu fungsi penampilan dengan menutupi garis kehitaman pada gigi yang kurang sedap dilihat. Disamping itu, pit fissure sealants juga bermanfaat untuk mengobati karies yang mungkin sudah terjadi di daerah tersebut.

Yang dimaksud pelapisan 3 in 1 adalah :

  1. Pengobatan (karies yang mungkin sudah ada)
  2. Pencegahan (supaya karies tidak berkembang di daerah pit dan fissure)
  3. Perbaikan penampilan (menutupi tampilan garis kehitaman yang ada pada gigi)
Pelapisan atau penutupan pit dan fissure ini lebih baik bila dilakukan sedini mungkin. Mulai usia enam tahun atau saat gigi geraham permanen pertama sudah mulai tumbuh adalah saat terbaik untuk melakukan pelapisan dan penutupan. Tetapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga melakukan prosedur penutupan atau pelapisan ini apabila diperlukan. Berkonsultasilah dengan dokter gigi untuk mengetahui apakah Anda membutuhkan prosedur ini atau tidak.

Apakah prosedurnya menyakitkan?
Tidak akan ada perasaan sakit dalam prosedur ini. Painless dan painfree! Hal terburuk yang bisa terjadi adalah rasa ngilu pada beberapa orang saat mendengar suara bor gigi bekerja. Tetapi kadang tidak diperlukan pengeboran sama sekali. Jika Anda konsisten menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik dan benar, serta pengaplikasian yang tepat oleh dokter gigi yang baik, maka pit fissure sealant ini dapat bertahan selama beberapa tahun. Jangan ragu, segeralah berkonsultasi dengan dokter gigi terdekat dan lakukan perawatan yang diperlukan.

Apa Itu Pit Fissure Sealants Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aSDAA

0 comments:

Post a Comment