Blog artikel kesehatan, penyebab kanker dan khasiat herbal alami serta artikel kesehatan terbaru

Monday 29 December 2014

Apa Itu Dentin Dan Pulpa

Apa Itu Dentin Dan Pulpa - Dentin gigi adalah lapisan yang terletak di bawah enamel atau email. Dentin merupakan bagian antara lapisan email dengan ruang pulpa gigi. Dentin bisa disebut derifat tulang. Yang dimaksud dengan derifat yaitu mempunyai struktur yang hampir sama dengan tulang. Namun dentin memiliki kepadatan dan tingkat kekerasan yang kurang jika dibandingkan dengan tulang. Struktur penyusun dentin memiliki lebih sedikit mineral daripada email.

Apa Itu Dentin Dan Pulpa

Berikut ini akan kita bahas beberapa fakta seputar dentin yang mungkin menarik untuk diketahui.

1.  Warna dentin bervariasi, dari kuning muda hingga cokelat kehitaman
Warna utama dentin yang paling sering dijumpai adalah kuning kecokelatan pucat. Warna kuning ini juga mempengaruhi keputihan warna email, tergantung tingkat semi-transparansi email.

2.  Pada proses pemutihan, bukan email yang menjadi sasaran, melainkan dentin
Proses pemutihan pada umumnya membuat warna kuning dentin menjadi semakin putih. Tujuannya jelas, agar warna dentin yang terlihat dari sifat transparansi email semakin putih dan membuat email berwarna lebih putih.

3.  Dentin terbagi menjadi tiga jenis
Berdasarkan lokasi terhadap email dan proses regenerasi/perbaikan, dentin dibagi menjadi tiga, yakni :
a.  Dentin primer
Merupakan bagian dentin yang paling keras, belum termineralisasi, dan berada langsung di bawah lapisan email.

b.  Dentin sekunder
Adalah jenis dentin yang mulai dapat beregenerasi dan terbentuk setelah pembentukan akar gigi dimulai. Proses pembentukan dentin sekunder menyebabkan volume atau ukuran ruang syaraf berubah menjadi semakin kecil/sempit

c.  Dentin tersier
Pada proses gigi berlubang yang perlahan mencapai dentin dan merusaknya, dentin tersier terbentuk untuk mengganti jaringan dentin yang dirusak oleh proses gigi berlubang tersebut.

Pada kasus gigi berlubang yang terjadi dengan cepat, dentin tersier tidak dapat mengimbanginya, maka terbentuklah lubang gigi pada bagian dentin yang selanjutnya mengarah ke pulpa atau rusaknya syaraf gigi.

Yang dimaksud dengan gigi sensitif sebenarnya adalah dentin yang mengalami hipersensitivitas (sensitif berlebihan). Hipersensitivitas dentin disebabkan lapisan email yang melindunginya mengalami penipisan yang diakibatkan proses abrasi dan erosi. Atau, bisa juga terjadi karena penurunan gusi di bagian leher gigi karena salah gerakan menggosok gigi. Oleh sebab itu, jaga selalu dentin kita, supaya tidak terkena hipersensitivitas dentin atau gigi sensitif.

Sementara pulpa gigi adalah bagian yang paling vital dari gigi. Letaknya di bagian tengah dalam gigi, di bawah lapisan dentin dan enamel gigi. Tidak seperti enamel dan dentin gigi, pulpa gigi bukanlah lapisan, melainkan suatu ruangan berisi pembuluh darah, syaraf-syaraf dan ruangan yang lebih kecil atau lebih tepatnya disebut saluran/kanal.

Pulpa memiliki beberapa fungsi vital sehubungan dengan gigi, diantaranya : 

1.  Sebagai pusat sensorik
Yang dimaksud dengan sensorik adalah sebagai pusat penanda. Dalam hal ini penanda bahwa ada pemicu-pemicu yang mengenai gigi, mulai dari pemicu suhu (panas dan dingin), pemicu tekanan dan trauma, hingga pemicu nyeri. Semua pemicu ini merupakan stimulus bagi syaraf-syaraf di dalam ruang pulpa. Syaraf dalam ruang pulpa ini selanjutnya menentukan apakah stimulus atau pemicu tersebut berpotensi menyebabkan sakit atau tidak. Kalau menyebabkan sakit, pulpa mengantarkan rasa sakit yang timbul tersebut ke otak.

2.  Sebagai pusat perbaikan
Pulpa membantu pembentukan dentin reparatif. Sesuai namanya, dentin reparatif adalah lapisan dentin yang memperbaiki kerusakan, biasanya kerusakan di dentin sekunder. Pulpa membentuk lapisan yang mempertebal dentin sekunder dan memperbaiki ketebalan dentin yang melapisi ruang pulpa karena asalnya dari jaringan pulpa, bukan jaringan dentin. Lapisan ini terbentuk dari dalam ruang pulpa keluar ke arah lapisin dentin.

3.  Sebagai sumber makanan
Lewat pembuluh darah yang ada di dalamnya, pulpa memberi makanan kepada gigi maupun ruang pulpa pada khususnya, serta menjaga kondisinya tetap lembab dan kuat dari segala gangguan yang bisa melemahkan.

Seluruh kelainan pada gigi seperti nyeri, berdenyut, dan sebagainya, merupakan reaksi awal pulpa yang mengalami peradangan atau lebih dikenal dengan istilah medis pulpitis. Bila tidak ditangani dengan cepat, pulpitis bisa berlanjut hingga kematian (gangren/gangrain) pulpa. Bila pulpa telah mati, yang bisa dilakukan adalah perawatan syaraf atau pencabutan gigi yang bersangkutan.

Apa Itu Dentin Dan Pulpa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aSDAA

0 comments:

Post a Comment