Blog artikel kesehatan, penyebab kanker dan khasiat herbal alami serta artikel kesehatan terbaru

Friday 12 December 2014

Akibat Salah Menyikat Mahkota Gigi

Akibat Salah Menyikat Mahkota Gigi  - Menyikat mahkota gigi mungkin terlihat sebagai hal yang mudah untuk dilakukan. Tapi tanpa kita sadari, banyak kesalahan yang dilakukan selama menyikat gigi. Berikut ini “bocoran” tanda-tanda yang tampak dari kesalahan menyikat gigi. Jika satu saja tanda yang dibahas ini Anda alami, berarti ada kemungkinan cara menyikat gigi yang selama ini Anda lakukan salah.


Tanda 1 : karang gigi
Secara singkat, karang gigi adalah plak yang mengeras karena proses mineralisasi. Kalau karang gigi muncul, maka bisa dipastikan Anda tidak menyikat mahkota gigi dengan efektif dan tepat guna, sehingga tidak sampai menghilangkan plak yang ada. Perhatikan cara menyikat gigi, terutama pada saat membersihkan bagian mahkota gigi bagian dalam (belakang).

Tanda 2 : radang gusi
Radang gusi memiliki gambaran atau tanda-tanda berwarna merah tua, terlihat bengkak, terasa sakit, dan mengeluarkan darah, baik secara tiba-tiba (spontan) ataupun karena terkena kontak dengan sesuatu seperti sikat gigi, ditekan, makanan, dan sebagainya.

Hal ini dapat disebabkan karena menyikat gigi dengan tekanan yang terlalu besar pada daerah gusi. Bisa juga karena plak yang ada di daerah perbatasan gusi dan gigi tidak dibersihkan dengan cukup baik. Kurangi tekanan berlebihan yang mungkin dilakukan, atau kembali perhatikan teknik menyikat gigi yang efektif.

Tanda 3 : gigi sensitif
Sesungguhnya tidak ada penyakit gigi sensitif, tetapi istilah ini digunakan untuk menggambarkan rasa ngilu yang muncul di gigi, saat kontak dengan suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas. Hal ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan menyikat email gigi terlalu keras. Cara menggosok gigi seperti itu akan merusak lapisan gigi. Sebaiknya gosok gigi jangan terlalu keras. Lembut tapi lama, itu jauh lebih baik.

Tanda 4 : napas bau
Sebenarnya napas bau lebih diakibatkan karena kegagalan pembersihan mulut secara keseluruhan, tidak terbatas pada gigi saja. Meski demikian, pembersihan/penyikatan mahkota gigi yang tidak adekuat (tepat) juga dapat menimbulkan napas bau. Sisa makanan yang terjebak di sela gigi dan lubang gigi yang dipenuhi sisa makanan yang tidak terbersihkan oleh proses penyikatan dapat menyebabkan napas bau.

Sebenarnya masih ada beberapa hal lagi yang dapat dijadikan tolak ukur kesalahan cara dan teknik menyikat mahkota gigi. Namun secara garis besar, empat hal ini yang mudah dimengerti dan cepat disadari oleh pasien/orang awam.

Segera konsultasikan cara menyikat mahkota gigi yang benar, tepat, dan efektif ke dokter gigi terdekat. Jika Anda menemukan salah satu dari keempat tanda yang telah disebutkan tadi. Jangan sampai terlambat.

Akibat Salah Menyikat Mahkota Gigi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aSDAA

0 comments:

Post a Comment