Blog artikel kesehatan, penyebab kanker dan khasiat herbal alami serta artikel kesehatan terbaru

Thursday 9 October 2014

Kanker Tulang

Mengenal Penyakit Kanker Tulang

Kanker sangat mudah untuk mengubah hidup seseorang. Kanker menjadi penyakit yang menyeramkan bagi umat manusia karena proses pengobatannya yang sulit dan bahkan bisa menyebabkan penderitanya meningeal dunia. kanker bisa terjadi organ tubuh manapun, salah satunya tulang. Tulang menjadi organ tubuh yang rentan terkena kanker, seperti contohnya kanker tulang kaki. Kanker tulang terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal yang ada di tulang, dan hal ini sangat membahayakan. Sel-sel tersebut dapat merusak tulang yang menyebabkan tulang semakin rapuh dan tidak memiliki kekuatan untuk melakukan aktivitas. Para penderita kanker tulang, biasanya harus melakukan amputasi di bagian tulang yang terkena kanker agar tidak menjalar.

Jenis kanker tulang ada dua yaitu kanker tulang primer dan kanker tulang sekunder. Kanker tulang primer yaitu kanker yang terjadi hanya ada pada satu jaringan saja dan belum meluas. Sedangkan penderita kanker tulang sekunder, kanker yang ada di sel tulangnya sudah menyebar ke organ tubuh lainnya. 

kanker tulang kaki

kanker tulang tangan

kanker tulang belakang


Osteosarcoma atau nama lain dari kanker tulang kaki belum diketahui apa penyebab pastinya, namun menurut diagnosis dokter kanker tulang bisa terjadi jika ada factor genetic yang membawa sel kanker terebut, karena kanker tulang bisa dikatakan kanker yang sangat jarang terjadi.

Gejala kanker tulang

Berikut ada beberapa gejala kanker tulang yang awalnya dirasakan oleh penderita kanker tulang :
      1.      Nyeri tulang
nyeri yang dirasakan oleh penderita tak kunjung sembuh dalam beberapa hari, apalagi ketika nyeri tersebut ada di kaki, penderitanya hanya akan mengira bahwa itu hanya keseleo saja.
      2.      Pembengkakkan
Terjadi pembengkakkan di area atas tulang anda, jika terjadi pembengkakkan sebaiknya anda cek ke dokter untuk memastikan penyakit apa yang anda derita.
      3.      Kelelahan
Penderita kanker tulang akan merasa cepat lelah, karena sel kanker yang telah menggrogoti tulang sehingga kinerja tulang menjadi menurun dan untuk pasien kanker tulang kaki akan cepat lelah untuk berjalan.
      4.      Penurunan berat badan
Penderita akan mengalami penurunan berat badan secara drastis dan cepat.

Beberapa gejala di atas yang umumnya dirasakan oleh penderita kanker tulang, tak hanya kanker tulang kaki namun kanker tulang lainnya, seperti tulang belakang, tulang tangan dan lainnya. Seorang penderita kanker tulang akan menurun produktifitas kerjanya karena factor penyakit tersebut, sel kanker telah merusak sel-sel tulang sehingga tubuh tidak dapat lagi bekerja secara optimal. Setelah itu, penderita kanker tulang akan mengalami kelumpuhan sama seperti penyakit stroke. Untuk pencegahan menyebarnya sel kanker ke bagian yang lain, dokter akan mengambil keputusan untuk mengamputasi bagian tulang yang terkena kanker agar sel kanker tidak akan menyebar ke bagian tubuh lainnya yang bisa merusak jaringan tulang lainnya.


Selain factor genetic yang menyebabkan kanker tulang kaki, penderita kanker tulang terlalu sering terpapar radiasi. Salah satu contohnya radiasi yang berasal dari laptop, banyak orang yang sering meletakkan laptop di paha dan dalam waktu lama. hal itu dapat menjadi pemicu adanya kanker tulang karena paha akan terkena radiasi yang besar dari laptop. Mulai sekarang biasakan meletakkan laptop dimeja untuk mengurangi resiko radiasi dan kanker tulang pada tubuh kita, dan mulailah untuk rajin berolah raga karena ketika berolah raga, tulang akan bekerja dengan optimal yang bisa mencegah terjadinya kanker tulang pada bagian manapun karena kanker tulang bisa merugikan diri kita sendiri. 

Kanker Tulang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment