Blog artikel kesehatan, penyebab kanker dan khasiat herbal alami serta artikel kesehatan terbaru

Saturday 15 March 2014

Cara Melakukan Sit Up yang Benar

Cara Melakukan Sit Up yang Benar | Sit Up merupakan salah satu jenis olah tubuh yang terkenal,. selain murah dan mudah dilakukan, jenis olahraga yang satu ini cukup baik untuk membentuk otot-otot pada perut, sehingga akan sangat ideal dilakukan bagi anda yang punya keinginan membentuk tubuh ramping atau six pack.

Cara Melakukan Sit Up yang Benar

Cara Melakukan Sit Up yang Benar
Berbicara tentang Sit Up, tentunya penting bagi kita membahas tata cara melakukan sit up yang baik. Gunanya adalah agar hasil yang dicapai nanti sesuai dengan apa yang di harapkan. karena apabila tidak dlakukan dengan baik, justru malah akan membuat tubuh anda cedra. Berikut Tata Cara Melakukan Sit Up yang Benar;

Persiapan sebelum melakukan Sit Up.

1. Lakukan peregangan dan pemanasan
Langkah awal yang perlu anda lakukan sebelum melakukan sit up hendaknya melakukan Peregangan dan pemanasan. Tujuannya agar otot-otot pada tubuh anda "bersiap-siap" untuk melakukan aksi yang lebih berat lagi, sehingga mengurangi resiko cedera. Untuk melakukan pemanasan sebelum Sit Up anda cukup meregangkan sendi-sendi pada kaki, perut dan tangan. lakukan dengan intensitas ringan hingga sedang untuk memancing suhu tubuh menaik.

2. Siapkan alas yang nyaman.
Langkah berikutnya yang perlu diperhatikan sebelum melakukan Sit Up adalah mempersiapkan Alas yang yaman. Sebaiknya alas yang anda pilih Alas yang tidak terlalu empuk, namun tidak pula terlalu keras. Matras merupkan pilihan yang tepat untuk dijadikan alas dalam hal ini.

3. Gunakan pakaian yang nyaman
Persiapan Sit Up selanjutnya adalah menggunakan Pakaian yang Nyaman. Gunakanlah pakaian yang menyerap keringat dan tidak terlalu ketat, agar tubuh anda tidak kesulitan dalam bergerak.

Nah setelah persiapan diatas dilakukan, sekarang saatnya kita melakukan Sit Up. Untuk tata Cara Melakukan Sit Up yang Benar, anda dapat mengikuti intruksi dibawah ini.

1. Berbaringlah di atas alas yang telah disediakan, kemudian tekuk bagian lutut kaki hingga membentuk sudut 90 derajat dengan telapak kaki menghadap (menyentuh) lantai.
2. Letakan tangan di belakang kepala, lalu angkat badan mendekati lutut. Pada posisi ini usahakan kepala sedekat mungkin dengan lutut, namun jika anda belum terbiasa sebaiknya cukup membentuk sudut 30 derajat saja, setelah itu turunkan kembali. Lakukan hal ini berulang-ulang.
3. Hatur pola nafas , Nafas memegang peranan penting dalam melakukan sit up, karena dapat memudahkan kita dalam melakukan pergerakan naik turun tubuh. Usahakan pada saat badan dinaikan untuk membuang napas, sebaliknya saat tubuh turun ambilah nafas secukupnya.
4. Usahakan agar kecepatan naik dan turun sama. Jika terdapat rasa sakit dan tekanan selain di perut segera hentikan karena kemungkinan sit up yang dilakukan masih kurang benar.

Demikan tips kesehatan tentang "cara melakukan Sit Up yang Benar". Olahraga Sit up ini dapat dilakukan setiap hari (sesuai kebutuhan) karena otot perut cukup kuat untuk dilatih. Namun tetap tidak boleh berlebihan. Sit up yang berlebihan justru dapat mengurangi efektifitasnya bahkan dapat menyebabkan cedera pada tulang punggung dan perut, semoga artikel ini bermanfaat.

Publish By: Admin
Title: Cara Melakukan Sit Up yang Benar

Cara Melakukan Sit Up yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Baim

0 comments:

Post a Comment