Blog artikel kesehatan, penyebab kanker dan khasiat herbal alami serta artikel kesehatan terbaru

Sunday 9 March 2014

Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag

Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag | Penyakit Maag atau dikenal juga dengan istilah gastritis merupakan sejenis gangguan (penyakit) yang terjadi pada lambung. meningngkatnya asam lambung dalam waktu yang lama akan menyebabkan pengikisan pada dinding lambung sehingga menyebabkan radang dan tukak, ciri khas dari pasien yang menderita sakit maag adalah rasa sakit pada perut sebelah kiri dan hulu hati yang biasanya juga disertai rasa mulas dan perih.

Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag

Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag

Kasus maag sering kali ditemukan di lingkungan masyarakat, bahkan seringkali dianggap sepele. Padahal jika dibiarkan tanpa ada penanganan yang benar, penyakit maag dapat membawa ke resiko yang lebih serius seperti kanker lambung dan lambung bocor. untuk itu jika anda atau keluarga anda yang mempunyai riwayat sakit maag sebaiknya segera mendapat perawatan dengan cara mensolusikannya dengan pakar, dalam hal ini adalah Dokter.

Penyebab Sakit Maag
Penyebab sakit maag adalah asam lambung, Pada dasarnya asam lambung digunakan untuk memproses (melunakkan) makanan pada tubuh, namun pada kasus maag, produksi asam lambung terlalu berlebih ditambah pula terlalu sedikit makanan yang akan diproses menyebabkan asam tersebut mengikis dinding lambung sendiri.

Sebenarnya ada banyak faktor lain yang menyebabkan produksi asam lambung meningkat, diantaranya faktor Eksternal dan Internal. Faktor Eksternal diantaranya dari makanan dan faktor internal dari psikis tubuh. faktor-faktor eksternal (makanan) yang menyebabkan penyakit maag diantaranya sebagai berikut:

1. Gorengan
Makanan Penyebab sakit maag yang pertama adalah Gorengan. Sebagian besar gorengan mengandung minyak jenuh yang juga mengandung lemak tinggi. hal ini dapat saja merangsang produksi asam lambung pada tubuh, sehingga penyakit maag bisa saja muncul bagi seseorang yang sering mengkosumsi gorengan.

2. Kafein
Makanan Penyebab sakit maag yang kedua adalah makanan yang mengandung Kafein. Seperti kita ketahui Kafein dapat membuat seseorang merasa tenang, tapi jika terlalu sering mengkosumsi zat ini, maka lambung akan memproduksi asam yang berlebih, dan ini tentunya beresiko Maag.

3. Soda dan Asam
Makanan Penyebab sakit maag berikutnya adalah makanan yang mengandung soda dan asam. Soda dan asam sangat kompeten dalam merangsang produksi asam di lambung, sehingga dianjurkan untuk mengkosumsi makanan ini seperlunya saja.

Dan berikut faktor internal (psikis) yang menyebabkan produksi asam lambung meningkat

1. Stres
2. Kelelehan
3. Kurang tidur dan
4. Makan tidak tepat waktu

Cara Mengatasi Penyakit Maag
Cara mengatasi Penyakit maag sebenarnya ada banyak cara, namun tujuannya tetap sama yaitu memperbaiki dinding lambung yang terkikis dan menetralkan kembali produksi asam lambung. Orang-orang selalu berfikir bahwa obat instan sangat membantu mereka dalam mengatasi masalah maag, padahal hal itu hanya bersifat menetralkan asam saja agar tidak mengikis permukaan lambung dan menyebabkan perih, sedangkan luka pada lambung tidak mendapatkan perawatan yang makasimal.

Berikut Cara Mengatasi Penyakit Maag yang baik

1. Hindari masalah Psikis
Hal pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasi Penyakit Maag adalah menghindari masalah psikis, masalah psikis sperti stress dapat memicu asam lambung berproduksi lebih banyak, banyak istirahat agar tidak kelelahan dan tidur tepat waktu.

2. Kosumsi Madu
Cara Mengatasi Penyakit Maag yang pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan mengkosumsi madu. Madu mengandung flavonoid yang cukup tinggi sahingga membantu menyembuhkan luka danm meregenerasi sel-sel dinding lambung yang rusak.

3. Kosumsi Makanan dari Sagu
Cara Mengatasi Penyakit Maag yang kedua adalah dengan mengkosumsi makanan dari bahan dasar sagu, Sagu mengandung serat dan zat besi yang tinggi, selain itu sangat minim mengandung asam askorbat, sehingga cukup baik dalam penyembuhan lika di lambung.

4. Kosumsi Sari Kulit Lembu
Cara Mengatasi Penyakit Maag selanjutnya adalah dengan mengkosumsi Sari Kulit lembu, obat tradisional ini terkenal cukup ampuh dalam mengatasi masalah maag. Caranya, ambil kulit sapi yang sudah dikeringkan (dijemur), cuci hingga bersih lalu rebus dengan air hingga mendidih, campurkan sedikit garam lalu minum selagi hangat. Hal ini cukup baik dalam membantu penyembuhan luka di lambung.

5. Perbaiki pola makan
Hal terpenting dalam Mengatasi Penyakit Maag adalah memperbaiki pola makan. Jangan biasakan perut anda kosong sehingga asam lambung tidak mempunyai bahan yang akan diproses, makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, hal tersebut secara tidak langsung akan membantu anda dalam penyembuhan Penyakit Maag.

Demikian informasi seputar "Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag", semoga informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi kita semua.

Publish By: admin
Title: Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag

Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Baim

0 comments:

Post a Comment