Blog artikel kesehatan, penyebab kanker dan khasiat herbal alami serta artikel kesehatan terbaru

Thursday 13 March 2014

Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya | Mimisan? mungkin hal itu sudah akrab ditelinga anda. Ya, Mimisan atau disebut juga epistaksin adalah pendarahan yang keluar dari lubang hidung, pendarahan tersebut terjadi karena lepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil pada rongga hidung. Mimisan kerap terjadi pada balita, anak, dan orang dewasa.

Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya

Bahaya atau tidaknya mimisan sangat tergantung dari penyebabnya. Jika mimisan terjadi karena perubahan cuaca, atau terbenturnya hidung maka hal tersebut tidak membahayakan. Namun jika mimisan terjadi karena demam berdarah, maka hal itu sangat fatal, karena bisa jadi itu adalah pertanda demam berdarah sudah memasuki stadium berat. Nah, untuk mengetahui lebih banyak tentang Penyebab Mimisan, kali ini blog Macam-macam Kanker akan berbagi Info yang cukup menarik tentang "Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya", Berikut pembahasannya.

Penyebab Mimisan

1. Kelainan Pada Pembuluh Darah Lokal
Penyebab Mimisan yang pertama adalah Kelainan Pada pembuluh Darah Lokal, kelainan tersebut bisa jadi pembuluh tersebut mengalami peradangan atau infeksi. saat infeksi berlanjut ketahap lebih tinggi pembuluh ini mengalami penipisan, sehingga mudah pecah dan mengeluarkan banyak darah dari hidung.

2. Perubahan Suhu udara
Penyebab Mimisan yang selanjutnya adalah Perubahan Suhu udara. Prinsipnya sama dengan infeksi, cuaca dingin menyebabkan hidung mengalami flu, pada saat ini biasanya pembuluh darah pada hidung mengalami pelebaran dan penipisan, kemudiansaat disentuh, pembuluh ini mudah sekali pecah yang menyebakan darah banyak keluar.Begitu juga pada saat cuaca panas, saat udara panas, maka kelembaban hidungpun berkurang, sehingga bagian strum mengering dan mengalami iritasitasi sehingga mimisanpun terjadi.

3. Tumor
Penyebab Mimisan yang berikutnya adalah Tumor. Tumor bisa terjadi dimana-mana, termasuk didalam rongga hidung (angiofibroma). Tumor ini biasa ditemukan pada anak usia muda atau dewasa muda dan seringkali terlihat sebagai benjolan sebesar biji nangka berwarna merah keputihan di hidungnya. saat tumor ini mengalami transisi, seringkali mengeluarkan darah yang lumayan banyak.

4. Demam Berdarah
Penyebab Mimisan lainnya adalah Demam Berdarah. Kondisi fisik yang sedang mengalami infeksi sistemik membuat tubu. Namun dalam kasus ini, mimisan yang terjadi pada saat keadaan demam berdarah merupakan tanda yang harus kita waspadai, tubuh dalam keadaan yang sangat berbahaya. Karena mimisan ini memberi pertanda kepada penderita bahwa demam berdarah yang di alaminya sudah mencapai tingkat yang lebih parah lagi dari sebelumnya. Hal ini harus di waspadai, dan bila hal ini terjadi, disarankan anda harus mendapatkan perawatan intensif.

Cara Mengatasi Mimisan dengan baik dan benar

1. Dudukkan korban, tujuannya agar hidung lebih tinggi dari jantung,
2. Bungkukkan badannya ke arah depan, lalu instruksikan agar bernafas dari mulut,
3. Tekan "cuping hidung" (dengan ibu jari) secara perlahan selama kurang lebih lima menit,
4. Berikan kompres dingin pada hidung agar aliran darah ke hidung berkurang,
5. Bersihkan sisa darah (darah beku) dari hidung korban,
6. Kembali ulangi langkah ke 3 (tiga) hingga darah benar-benar berhenti,
7. Jika penderita terus mengalami pendarahan, secepatnya bawa kerumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Demikan informasi tentang "Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya", semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua.

Publish By: Admin
Title: Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya



Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Baim

0 comments:

Post a Comment