Blog artikel kesehatan, penyebab kanker dan khasiat herbal alami serta artikel kesehatan terbaru

Tuesday 11 March 2014

Macam-macam Penyakit Kulit

Macam-macam Penyakit Kulit | Kulit sehat dan mulus sudah pasti menjadi daya tarik yang menawan, hal ini tentunya menjadi idaman bagi semua orang. Sayangnya, terkadang permasalahan-permasalahan pada kulit membuat kulit anda terlihat "berbeda" yang kemudian membuat anda kurang percaya diri. Nah pada kesempatan kali ini, blog macam-macamkanker akan memposting artikel menarik tentang permasahan pada kulit dengan judul "Macam-macam Penyakit Kulit", selamat membaca;

Macam-macam Penyakit Kulit

Macam-macam Penyakit Kulit

Macam-macam Penyakit Kulit

1. Jerawat
Macam-macam Penyakit Kulit yang pertama adalah Jerawat. Jerawat adalah salah satu jenis penyakit kulit yang paling banyak penderitanya diseluruh dunia. Jerawat terjadi karena pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Faktor penyebabnya adalah perubahan hormon yang merangsang kelenjar minyak dikulit, selain itu, bakteri dan penggunaan kosmetik yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan timbulnya permasalahan jerawat.

2. Panu
Macam-macam Penyakit Kulit yang kedua adalah Panu. Panu (panau) adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur "Candida albicans". Penyakit yang biasanya ditandai dengan bercak putih pada kulit ini akan terasa sangat gatal apabila terkena keringat. Panu paling banyak dijumpai pada remaja usia belasan, namun tidak jarang ditemukan juga pada penderita berumur lebih tua atau lebih muda. Penyakit ini biasanya menyerang kulit pada bagian tubuh yang lembab dan menghasilkan banyak keringat, seperti bagian atas dada, lengan, leher, perut, kaki, ketiak, lipatan paha, muka dan kepala. Selain menyebakan gatal pada kulit, panu juga membuat penderitanya menjadi tidak percaya diri.

3. Kurap
Macam-macam Penyakit Kulit yang ketiga adalah Kurap. Sama dengan Panu, Kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, namun kali ini jamur yang berperan adalah jamur "Dermatofita". Gejala kurap dini biasanya ditandai dengan terdapatnya bagian kecil yang tarasa kasar pada kulit, bagian ini biasanya dikelilingi oleh lingkaran merah muda yang terasa gatal dan perih. Kurap dapat menular melalui kontak langsung maupun tidak langsung dengan penderita (melalui pakaian misalnya). Biasanya kurap menyerang bagian-bagian tubuh yang sensitif, seperti ketiak, leher, selangkangan, bawah perut, dan dekat kemaluan.

4. Kutil
Macam-macam Penyakit Kulit yang keempat adalah Kutil. Kutil dalam istilah medis disebut "Papilloma". yaitu sejenis kanker (tumor) jinak pada kulit, Kutil terjadi karena penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan. Kutil mempunyai bentuk yang bermacam-macam. ada yang berukuran besar dan ada juga yang kecil. Kutil disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini termasuk virus menular yang pertumbuhannya lumayan cepat.

5. Kanker Kulit
Macam-macam Penyakit Kulit yang terakhir adalah Kanker Kulit. Kanker kulit terjadi karena pertumbuhan abnormal pada sel-sel kulit, kanker ini paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa, basal dan melanosit dan biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit). kanker kulit merupakan kanker yang paling sedikit resiko kematiannya pada penderita, ini dikarenakan kulit jarang dapat mencapai organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal dan batang otak manusia. namun jika anda atau keluarga anda ada yang mengalami masalah ini, sebaiknya cepat menkosultasikan hal tersebut kepada ahlinya, yaitu Dokter.

Demikan informasi tentang Macam-macam Penyakit Kulit yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, walaupun jarang mengakibatkan hal-hal fatal, namun alangkah baiknya anda waspada dengan cara menerapkan hidup bersih setiap hari.

Publish By: Admin
Title: Macam-macam Penyakit Kulit

Macam-macam Penyakit Kulit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Baim

0 comments:

Post a Comment